Sabtu, 23 April 2011

KEBUDAYAAN BULGARIA


Sejumlah peradaban kuno, terutama Thracia , Yunani , Roma , Slavia , dan Bulgaria , telah meninggalkan jejak mereka pada sejarah, budaya dan warisan Bulgaria . artefak Thracian termasuk makam banyak dan harta emas, sementara Bulgar kuno telah meninggalkan jejak warisan mereka dalam musik dan arsitektur awal. Thracian ritual seperti Zarezan , Kukeri dan Martenitza sampai hari ini terus hidup dalam budaya Bulgaria modern. Harta tertua bekerja emas di dunia, dating kembali ke milenium ke-5 SM, berasal dari lokasi Necropolis Varna .
Bulgaria berfungsi sebagai pusat Slavia Eropa selama banyak dari Abad Pertengahan, exerting pengaruh sastra dan budaya cukup atas Slavia Ortodoks dunia Timur dengan cara dari Preslav dan Sastra Ohrid Sekolah . Bulgaria juga memberikan dunia dengan alfabet Cyrillic , yang digunakan kedua yang paling-banyak alfabet di dunia, yang berasal dari dua sekolah di abad kesepuluh Masehi.
kontribusi Bulgaria untuk kemanusiaan berlanjut sepanjang abad kesembilan belas dan kedua puluh, dengan orang seperti John Atanasoff - Amerika Serikat yang warga keturunan Bulgaria, yang dianggap sebagai bapak dari komputer digital . Sejumlah mencatat opera-penyanyi ( Nicolai Ghiaurov , Boris Christoff , Raina Kabaivanska , Ghena Dimitrova , Anna Tomowa-Sintow , Vesselina Kasarova ), pianis Alexis Weissenberg , dan seniman sukses ( Christo , Pascin , Vladimir Dimitrov ) mempopulerkan budaya luar negeri Bulgaria . 

Musik
Gudulka , alat rakyat tradision
Bulgaria memiliki tradisi musik berdiri-lama, yang musik sejarawan dapat menelusuri kembali ke awal abad pertengahan . Salah satu komponis awal dikenal Eropa Abad Pertengahan , Yoan Kukuzel (ca. 1280-1360), menjadi terkenal karena karyanya Polieleion dari Wanita Bulgaria . Sekitar 90 dari karya-karyanya telah bertahan. Kukuzel juga mereformasi sistem penulisan musik Bizantium, dan dikenal sebagai Malaikat-menyuarakan untuk kemampuan bernyanyi.
Tradisi menyanyi gereja di Bulgaria lebih dari seribu tahun. Dalam Gereja Ortodoks Bulgaria ada dua tradisi gereja bernyanyi - Timur monodic (satu-suara) menyanyi dan paduan suara ( polifonik ). The monodic menyanyi Timur mengamati tradisi Yunani dan musik Byzantium serta persyaratan suara polifonik kanon-delapan dari Gereja Ortodoks Timur . Tradisi kedua adalah musik paduan suara gereja, didirikan selama abad kesembilan belas, ketika di Bulgaria memasuki pengaruh polifonik musik paduan suara gereja Rusia. Banyak Bulgaria komposer ( Dobri Hristov , Petar Dinev dll) membuat karya mereka dalam semangat polifoni Rusia. Hari musik Ortodoks masih hidup dan dilakukan baik selama pelayanan ibadah gereja dan di konser oleh paduan suara dan penyanyi solo sekuler. Kontemporer Bulgaria paduan suara di seluruh dunia diakui dan penyanyi dalam repertoar yang permanen terjadi musik ortodoks adalah: Yoan Kukuzel Choir, Sofia Boys 'Choir , Madrigal Choir Sofia, Sofia Ortodoks Choir, Sofia Imam Choir dll, penyanyi opera terkenal di seluruh dunia Boris Christov dan Nicola Ghiuselev .
Suara khas dari musik rakyat Bulgaria datang sebagian dari asimetris irama, harmoni dan polifoni , seperti penggunaan interval dekat seperti kedua besar dan nyanyian iringan melodi pesawat bawah, khususnya umum dalam lagu dari Shopi daerah di Barat Bulgaria dan wilayah Pirin.
Bulgaria musik rakyat adalah unik dalam harmoni yang kompleks dan sangat tidak teratur irama. Jenis-jenis irama, juga disebut denyut tidak rata atau tindakan asimetris, diperkenalkan untuk ahli musik hanya pada tahun 1886 ketika musik guru Anastas Stoyan diterbitkan melodi rakyat Bulgaria untuk pertama kalinya. Contoh beats tersebut adalah 5 / 8, 7 / 8, 8 / 8, 9 / 8 dan 11 / 8, atau yang komposit seperti (5 +7) / 8, (15 +14) / 8 dan (9 +5) / 16 - (9 +5) / 16. Setiap daerah Bulgaria memiliki karakteristik dan gaya musik tari. musik rakyat Bulgaria terinspirasi dan digunakan oleh para musisi seperti Kate Bush dan George Harrison .
gaya vokal Bulgaria memiliki kualitas tenggorokan yang unik, sedangkan penyanyi sendiri terkenal dengan jangkauan mereka. Suara mereka rendah dan soprano dan anak-anak cinta bernyanyi serta segala sesuatu artistik. skala diatonis mendominasi, tetapi di pegunungan Rhodope, misalnya, skala pentatonik terjadi, sedangkan di Thrace sisik berwarna dengan interval ditambah (mirip dengan musik klasik Yunani). Juga, intonasi bervariasi, dan sangat berbeda dari temperamen sama modern Barat. Tergantung pada apakah melodi bergerak naik atau turun, interval dapat menambah atau mengurangi dengan nada seperempat .
Alat musik (juga karakteristik dari seluruh Balkan wilayah) termasuk gaida гайда (bagpipe), кавал kaval (-blown flute rim), zurna atau зурна zurla (woodwind lain, mirip dengan oboe khas antara gipsi), tambura тамбура (gitar-suka) , gadulka гъдулка (biola-suka), dan тъпан Tapan (besar dua sisi drum).
The Gaida Bulgaria layak Huruf sendiri. Di Bulgaria gaida telah simbol panjang negara dan warisan, dan merupakan salah satu instrumen yang lebih dikenal negara. Ada di pegunungan Rhodope yang gaida kaba dalam terdengar. Di sebelah utara, umum dobrudgea dan Vlach ada gaida dzhura. Juga di daerah stranzha ada gaida stranzha. Kantong sendiri terbuat dari kulit kambing seperti tradisional, dan paling sering pinggiran bagian yang berbeda dari instrumen memiliki sepotong tanduk di atasnya.
Tarian memiliki langkah-langkah yang kompleks cocok irama, dan sering cepat. Sebagian besar lingkaran-tarian atau tarian garis disebut horo, tetapi ada juga yang dilakukan secara tunggal atau berpasangan.
Walaupun musik tradisional dan tari tidak populer di kalangan pemuda kota Bulgaria, mereka sering tampil di pesta pernikahan, dan umumnya fiests pedesaan. Mereka juga dilakukan di Bulgaria dan luar negeri oleh artis amatir dan profesional dan paduan suara.
musik rakyat gaya Daerah berlimpah di Bulgaria. Dobrudzha , Sofia , Rodopi , Makedonia , Thrace dan Danube polos semua memiliki suara khas. musik tradisional rakyat berkisar liburan seperti Natal , Tahun Baru, pertengahan musim panas, dan Hari Raya St Lazarus , serta Strandzha tidak biasa wilayah Nestinarstvo upacara pada tanggal 21 Mei.
Beberapa yang terkenal di dunia rombongan melakukan musik rakyat Bulgaria, seperti Ensemble Negara Folk Songs dan Tarian , dipimpin oleh Philip Koutev (1903-1982), dan Negara Bulgaria televisi Female Vocal Choir , untuk seri lagu berjudul Le Mystere des Voix Bulgares.
Salah satu seniman terkenal secara internasional terbaik, Valya Balkanska menyanyikan lagu Izlel e Delyu Haydutin, bagian dari Voyager Golden Record pemilihan musik termasuk dalam dua pesawat ruang angkasa Voyager yang diluncurkan pada 1977. Para Negara Bulgaria televisi Female Vocal Choir juga dikenal sebagai Misteri suara Bulgaria juga telah mencapai tingkat yang cukup terkenal.

Bea dan upacara
Bulgaria mungkin mengenakan martenitsa (мартеница) - sebuah perhiasan yang terbuat dari benang putih dan merah dan dikenakan pada pergelangan tangan atau ditempelkan pada pakaian - dari tanggal 1 sampai akhir bulan. Atau, kita dapat melepas martenitsa sebelumnya jika seseorang melihat bangau (dianggap sebagai pertanda musim semi). Satu kemudian dapat mengikat martenitsa ke mekar cabang pohon. -Anggota keluarga dan teman-teman di Bulgaria lazim martenitsas tukar, yang mereka anggap sebagai simbol kesehatan dan umur panjang. Benang putih mewakili perdamaian dan ketenangan, sedangkan yang merah singkatan dari siklus kehidupan. Bulgaria juga bisa merujuk ke hari libur tanggal 1 Maret sebagai Baba Marta (Марта Баба), yang berarti Nenek Maret. Ia menyimpan sebuah tradisi pagan kuno. Ada banyak legenda mengenai kelahiran kebiasaan ini, beberapa dari mereka dating kembali ke abad ke-7 kali Khan Kubrat , penguasa Old Great Bulgaria . cerita Otther mengaitkan martenitsa dengan keyakinan Thracian dan Zoroaster.
Ritual Bulgaria kuno kukeri (кукери), dilakukan oleh orang-orang berkostum, berusaha untuk menakut-nakuti roh jahat dan membawa panen yang baik dan kesehatan kepada masyarakat. Kostum, terbuat dari bulu binatang dan wol, menutup seluruh tubuh. Sebuah topeng, tanduk dan dihiasi dengan dekorasi, mencakup kepala setiap kuker, yang juga harus memiliki lonceng melekat pada pinggangnya. Ritual ini terdiri dari menari, melompat dan berteriak dalam upaya untuk membuang semua kejahatan dari desa. Beberapa pemain royalti berkedok, lapangan pekerja dan pengrajin. Ini hiasan pada kostum bervariasi dari satu daerah ke daerah lain.
Lain adat yang disebut karakteristik nestinarstvo (нестинарство), atau firedancing, membedakan Strandzha wilayah. Kebiasaan kuno melibatkan menari ke dalam api atau di atas bara hidup. Perempuan tari ke dalam api dengan kaki telanjang mereka tanpa menderita cedera atau sakit. 

Seni Visual
Zhetvarki, sebuah lukisan 1905 oleh Ivan Angelov
Bulgaria memiliki warisan yang kaya dalam seni visual, khususnya dalam lukisan-lukisan dinding , mural dan ikon . The Tomb Thracian dari Kazanlak menawarkan contoh-contoh seni sangat baik diawetkan Thracian kuno. seni Tomb menyediakan salah satu sumber paling penting informasi tentang Thracian gaya hidup dan budaya. seni visual di tanah Bulgaria mengalami kebangkitan sebuah selama periode seluruh abad pertengahan. Makam dari katedral Nevski Alexander fitur sebuah pameran koleksi besar ikon abad pertengahan. Paling awal dari tanggal tersebut dari sekitar abad ke 9 Masehi. The Tarnovo Artistik Sekolah , arus utama seni rupa Bulgaria dan arsitektur antara dan 14 abad ke-13, mengambil nama dari ibukota dan pusat budaya utama dari Kekaisaran Bulgaria Kedua , Tarnovo . Meskipun menunjukkan pengaruh dari beberapa kecenderungan dari Renaissance Palaeologan di Kekaisaran Bizantium , lukisan Tarnovo memiliki fitur unik sendiri yang membuatnya menjadi sekolah seni yang terpisah. Seni sejarawan mengklasifikasikan produk menjadi dua jenis:
  • lukisan mural : mural dekorasi gereja
  • ikonografi : lukisan kuda-kuda
Karya-karya sekolah menunjukkan beberapa tingkat realisme, individualisme potret dan psikologi.Yang unik dan realistis potret di kelas Boyana Gereja sebagai pelopor dari Renaissance .
Dinding dermaga dan lengkungan sering menampilkan gambar payudara berbentuk medali-orang kudus. contoh Magnificent dari mereka bertahan di SS Petrus dan Paulus Gereja di Tarnovo. Seiring dengan adegan tradisional seperti "Teman-nafsu Kristus" dan "siklus Pesta" di lapis kedua, "Kristus Pantokrator" dalam kubah dan Madonna dengan bayi Kristus di apsis, gambar-gambar khusus dan adegan juga muncul. Selama masa pemerintahan Ottoman (1396-1878) yang berwenang ditekan seni Bulgaria. Banyak gereja mengalami kerusakan, dan yang baru dibangun tetap agak sederhana. Pada akhir abad ke-18 Islam imperium Utsmani mulai membusuk perlahan, sehingga memungkinkan para Kebangkitan Nasional Bulgaria dari abad 18 dan 19 terjadi. Bulgaria mengalami kebangkitan di setiap wilayah budaya. Setelah Pembebasan pada tahun 1878, seni rupa cepat pulih dan berada di bawah pengaruh arus artistik Eropa seperti terlambat Romantisisme

Masakan
Tarator
Berkat hangat iklim dan geografi yang relatif beragam affording pertumbuhan yang sangat baik-kondisi untuk berbagai sayuran, rempah-rempah dan buah-buahan, masakan Bulgaria (Bulgaria: българска кухня, bulgarska kuhnya) menawarkan keragaman besar.
Terkenal untuk salad kaya diperlukan pada setiap kali makan, masakan Bulgaria juga memiliki beragam produk susu berkualitas dan berbagai anggur dan minuman beralkohol lokal seperti rakia (ракия), mastika (мастика) dan menta (мента). masakan Bulgaria juga menawarkan berbagai sup panas dan dingin, misalnya tarator . Banyak kue-kue Bulgaria yang berbeda ada juga, seperti banitsa , tradisional kue yang disiapkan oleh layering campuran dibawa telur dan potongan sirene antara filo pastry kemudian dipanggang dalam oven.
Secara tradisional, koki Bulgaria menempatkan pesona beruntung dalam kue mereka pada saat-saat tertentu, terutama pada Malam Natal , hari pertama Natal , atau Malam Tahun Baru . pesona tersebut dapat mencakup koin atau benda simbolis kecil (misalnya sebagai bagian kecil dari dogwood cabang dengan kuncup, melambangkan kesehatan atau umur panjang). Baru-baru ini , orang telah mulai menulis keinginan bahagia pada potongan-potongan kertas dan dibungkus dengan kertas timah. Wishes mungkin termasuk kebahagiaan, kesehatan, atau kesuksesan sepanjang tahun baru.
Bulgaria makan banitsa - panas atau dingin - untuk sarapan dengan plain yogurt , ayran , atau Boza . Beberapa varietas termasuk banitsa dengan bayam (баница спаначена / banitsa spanachena) atau versi manis, banitsa dengan susu (баница млечна / banitsa mlechna) atau labu (тиквеник / tikvenik).
The Bulgaria lyutenitsa (лютеница) terdiri dari campuran pedas dan dimasak tomat dihaluskan, terong, bawang putih, cabai dan minyak sayur, dibumbui dengan garam, merica dan peterseli. Variasi lyutenitsa ada dalam masakan nasional paling Balkan negara.
sup Tripe (чорба шкембе / chorba skhembe) mengambil sebagai dasar yang lapisan tebal dari lambung dibersihkan dari ternak, dibuat dengan susu dan dibumbui dengan, bawang putih dan panas cabai cuka. Selama kuk Ottoman, sultan-sultan diduga disukai sup babat yang dibuat oleh koki Bulgaria, yang penguasaan dalam mempersiapkan hidangan tetap tak tertandingi di Balkan.
Ekspor anggur Bulgaria pergi di seluruh dunia, dan sampai 1990 negara yang mengekspor dunia kedua terbesar jumlah botol anggur. Tanah yang kaya, iklim sempurna dan yang lama tradisi ribuan tahun pembuatan anggur, yang tanggal kembali ke waktu Thracia , memberikan kontribusi terhadap berbagai anggur Bulgaria halus. Pada 2007, Bulgaria memproduksi 200.000 ton anggur per tahun, 20 peringkat di dunia. 

Agama
Bulgaria secara resmi sebuah negara sekuler dan konstitusi menjamin latihan bebas dari agama tetapi menunjuk Ortodoksi sebagai agama resmi. Dalam sensus tahun 2001, Bulgaria 82,6% menyatakan diri Kristen Ortodoks, 12,2% Muslim, 1,2% denominasi Kristen lainnya, 4% agama lain ( Budha , Taoisme , Hindu , Yudaisme ) dan ateis nol persen. Kebanyakan warga Bulgaria memiliki asosiasi - setidaknya nominal - dengan Gereja Ortodoks Bulgaria . Didirikan pada tahun 870 M di bawah Patriarkat Konstantinopel (dari yang diperoleh pertama primata , pendeta dan teks teologis), Gereja Ortodoks Bulgaria telah otosefalus status sejak 927 AD. Gereja menjadi bawahan dalam Patriarkat Konstantinopel , dua kali selama periode Bizantium (1018 - 1185) dan Ottoman (1396 - 1878) dominasi. Hal itu kembali didirikan pertama pada tahun 1870 dalam bentuk Eksarkat Bulgaria , dan kemudian di tahun 1950-an sebagai Patriarkat Bulgaria .
Islam datang ke Bulgaria pada akhir abad keempat belas setelah penaklukan negeri oleh Ottoman . Secara bertahap memperoleh tanah sepanjang abad kelima belas dan keenam belas melalui pengenalan Turki penjajah. Salah satu sekte Islam, Ahmadiyah , menghadapi masalah di Bulgaria. Beberapa pejabat telah bergerak terhadap Ahmadiyah  atas dasar  bahwa negara-negara lain juga menyerang hak-hak religius Ahmadi, yang banyak Muslim anggap sesat .
Pada abad keenam belas dan ketujuh belas, misionaris dari Roma dikonversi Bulgaria Paulician di distrik Plovdiv dan Svishtov ke Katolik Roma . Hari ini keturunan mereka membentuk sebagian besar Katolik Bulgaria, yang jumlahnya mencapai 44.000 pada tahun 2001. Misionaris dari Amerika Serikat memperkenalkan Protestantisme ke wilayah Bulgaria pada tahun 1857. Pekerjaan misionaris berlanjut sepanjang paruh kedua kesembilan belas dan paruh pertama abad kedua puluh. Pada tahun 2001 Bulgaria memiliki beberapa 42.000 Protestan .
Buddha , Hindu dan Taoisme menjadi populer di kalangan Bulgaria dalam waktu perestroika dan terutama setelah kejatuhan rezim komunis dan biasanya co-co-agama atau kepercayaan untuk Bulgaria yang dinyatakan adalah Kristen (Katolik Roma atau Ortodoks). Di antara (Asia) pusat agama Budha Timur secara resmi terdaftar di Bulgaria sebagai denominasi agama. Jumlah pengikut Buddhisme telah meningkat secara bertahap dalam beberapa tahun terakhir juga disebabkan masuknya Vietnam warga negara (terutama Buddha) ke Bulgaria.
Menurut Eurostat terbaru Eurobarometer "jajak pendapat", pada tahun 2005, 40% warga Bulgaria menjawab bahwa "mereka percaya ada Tuhan", sedangkan 40% menjawab bahwa "mereka percaya ada semacam roh atau kekuatan hidup ", 13% bahwa" mereka tidak percaya ada roh Allah,, atau kekuatan hidup ", dan 6% tidak menjawab.

Sumber:

NAMA             : MAYLANI LESTARI
NPM                : 14110302
KELAS            : 1KA04

Tidak ada komentar:

Posting Komentar