Minggu, 24 April 2011

KEBUDAYAAN MAROKO


Zellige , mosaik Maroko
Maroko adalah negara multi-etnis kelompok dengan budaya yang kaya dan peradaban. Melalui sejarah Maroko , Maroko host banyak orang selain pribumi Berber , berasal dari baik Timur ( Fenisia , Yahudi dan Arab ), Sulawesi Selatan ( Sub-Sahara Afrika ) dan Utara ( Roma dan Vandal ). Semua yang telah berdampak pada struktur sosial Maroko. Ini disusun berbagai bentuk kepercayaan, dari paganisme , Yahudi , Kristen ke Islam .
Setiap daerah memiliki keunikan tersendiri, kontribusi terhadap budaya nasional. Maroko telah menetapkan di antara prioritas puncaknya perlindungan keanekaragaman dan pelestarian warisan budaya.
Dalam dunia politik, Maroko disebut sebagai negara Arab dan kadang-kadang sebagai negara Afrika. Mayoritas penduduk Maroko adalah Arab oleh identitas. Setidaknya sepertiga dari populasi berbicara dengan Amazigh bahasa. Selama ekspansi Islam, beberapa orang Arab datang ke Maroko dan menetap di daerah datar sebagai Tadla dan Doukkala. Misalnya ada kelompok-kelompok disebut Charkawa dan Arbawa yang menetap di Maroko dari Arab. The Charkawa mengaku sebagai keturunan dari Umar bin Al-Khattab , khalifah kedua dalam Islam. 

Fakta dan angka
  • Penduduk: 33.757.176 (Juli 2007 est)
  • Suku bangsa: Maghrebians (Arab-Berber) oleh warisan, Arab atau Berber oleh identitas
  • Bahasa: Klasik Arab (resmi, meskipun tidak digunakan dalam pidato sehari-hari), Darija -Arab (tidak digunakan dalam menulis), Berber (lisan dan tertulis, namun tidak sepenuhnya standar), Perancis sering bahasa bisnis besar, pemerintah, militer dan diplomasi.
  • Melek huruf: (definisi: usia 15 dan lebih mampu membaca dan menulis) total populasi: 52,3% (laki-laki: 64,7% / perempuan: 40,6%) (2004 sensus)
  • Sistem Hukum: berdasarkan sebagian pada hukum Islam, Perancis dan Spanyol sistem hukum sipil; judicial review tindakan legislatif di Konstitusi Kamar Maroko Tinggi The Council (setara dengan Mahkamah Agung AS).  

Sastra
Sejarah sastra Maroko dimulai pada awal Abad Pertengahan. Di era dinasti Berber, bertepatan dengan berkembangnya Al-Andalus ada beberapa penulis Maroko penting, terutama dalam bidang agama dan historiografi, tetapi juga penyair bekerja di pengadilan, misalnya, Marinid sultan. Hal yang sama berlaku untuk periode Saadian dan Alaouite raja. Pengaruh Perancis dan dunia Inggris ( Paul Bowles ) di Maroko dimulai pada usia 30-an abad ke-20. (Lihat: Daftar penulis Maroko ) .

Suku bangsa dan bahasa
Wedding yahudi di maroko
Maroko dianggap oleh beberapa pihak sebagai Berber-negara Arab. Lain bersikeras pada identitas Berber Maroko-Afrika. Klasik Arab adalah bahasa resmi hanya dari Maroko tetapi bahasa ibu siapa-siapa dan itu digunakan dalam dan budaya jangkauan dan formal sosial-ekonomi terbatas kegiatan (seperti surat kabar dan dokumen resmi) dalam persaingan dengan Perancis dan, hingga saat ini, Berber . Yang berbicara bahasa umum sebagian besar dari Maroko, adalah Berber dan Arab Maroko .
Linguistik, Berber milik Afro-Asia kelompok, dan memiliki banyak varian. Ketiga varietas utama yang digunakan di Maroko adalah Shilha , Atlas Tengah Tamazight , dan Riff (juga disebut Tamazight oleh penuturnya). Secara kolektif, mereka dikenal sebagai "Shelha" dalam bahasa Arab Maroko dan sebagai "Barbaria" dalam bahasa Arab klasik yang digunakan di Timur Tengah. Istilah "Barbar" dan "Shelha" dianggap ofensif oleh sebagian besar aktivis Berber, yang lebih memilih Amazigh panjang.
Shilha (juga dikenal secara lokal sebagai "Soussia") diucapkan di selatan-barat Maroko, di suatu daerah antara Sidi Ifni di selatan, Agadir di utara dan Marrakesh dan Draa / lembah Sous di timur. Atlas Tengah Tamazight diucapkan di Atlas Tengah, antara Taza , Khemisset , Azilal dan Errachidia. Riff dituturkan di daerah Rif Maroko utara di kota-kota seperti Nador , Al Hoceima , Ajdir , Tetouan , Taourirt , dan Taza .
Kebanyakan Berber memeluk Islam dengan cepat, meskipun etnis dan non-linguistik pembedaan Arab telah menolak pengaruh Arab-Islam. Ratusan Amazigh (Berber) asosiasi diciptakan dalam beberapa dekade terakhir di Maroko dan Aljazair untuk mempertahankan budaya dan identitas. Newsstands dan toko buku di kota-kota besar dipenuhi dengan publikasi Berber baru yang menyediakan artikel dan esai tentang budaya Amazigh dan seni. Yang dimiliki stasiun TV negara RTM (sekarang TVM) telah dimulai pada tahun 1994 menyiarkan berita-menit panjang 10 buletin harian dalam 3 dialek Berber. aktivis Berber berulang kali menuntut pembagian 50% dari waktu siaran di standar Berber (Tamazight) pada semua saluran TV milik negara. Ada juga saluran Tamazight nasional di Maroko, yang disebut Tamazight TV . Dibuka pada tahun 2010 dan siaran selama lebih dari 6 jam sehari dengan siaran diperpanjang pada akhir pekan. 

Pakaian Tradisional
Kaftan
Pakaian tradisional untuk laki-laki dan perempuan disebut jellaba , sebuah, panjang longgar, berkerudung garmen dengan lengan penuh. Untuk acara-acara khusus, pria juga memakai topi merah disebut bernousse, lebih sering disebut sebagai Fez . Wanita mengenakan kaftan dihiasi dengan ornamen. Hampir semua pria dan wanita kebanyakan memakai balgha (بلغه) - sandal kulit yang lembut tanpa tumit, sering dicelup kuning. Perempuan juga memakai hak tinggi sandal , sering dengan perak atau emas perada .
Perbedaan antara jellaba dan kaftan adalah bahwa jellaba memiliki hood , sementara kaftan yang tidak. djellabas Kebanyakan wanita adalah berwarna cerah dan memiliki pola hiasan, jahitan, atau manik-manik, sementara djellabas pria biasanya lebih jelas dan berwarna netral. Wanita sangat melekat pada Maroko mereka " lemari pakaian , "meskipun biaya keuangan yang terlibat, produksi pakaian tersebut relatif mahal, karena sebagian besar pekerjaan dilakukan dengan tangan, namun kebanyakan wanita membeli minimal satu baru kaftan atau takchita setiap tahun , biasanya untuk acara sosial khusus, seperti sebuah festival keagamaan atau pernikahan . Dewasa ini, adalah aturan tidak tertulis bahwa gaun Maroko tradisional dipakai di acara-acara tersebut. 

Cinema
  • 1944: Pendirian "sinematografi Maroko Center" (CCM / Badan pemerintahan). Studio yang terbuka di Rabat .
  • 1958: Mohammed Ousfour menciptakan Maroko pertama film "Le Fils maudit" (Anak terkutuk).
  • 1982: Festival nasional pertama bioskop. - Rabat .
  • 1968: Laut Mediterania Film Festival pertama diadakan di Tangier . Mediterania Film Festival dalam versi baru ini diadakan di Tetouan .
  • 2001: Yang pertama International Film Festival Marrakech diadakan di Marrakech
Bioskop di Maroko
Banyak direksi asing telah terinspirasi dari Maroko atau difilmkan di sana. Pada tahun 1952 Orson Welles memilih Essaouira sebagai pengaturan untuk beberapa adegan dalam adaptasi nya Shakespeare's "Othello", yang telah memenangkan Grand Prix du Festival International du Film di tahun itu Cannes Film Festival . Pada tahun 1955, Alfred Hitchcock diarahkan The Man Who Knew Too Much dan pada tahun 1962 David Lean tembakan Pembantaian adegan Tafas dari Lawrence of Arabia di kota "Ouarzazate", yang rumah Atlas Studios. Aït Benhaddou telah menjadi setting film banyak. Film Mengerikan Kinky difilmkan di Marrakech. 

Arsitektur Domestik
Dar, nama yang diberikan ke salah satu jenis yang paling umum struktur domestik di Maroko, adalah rumah ditemukan di medina, atau daerah perkotaan berdinding kota. Sebagian besar rumah tradisional Maroko mematuhi Dar al-Islam, serangkaian prinsip pada kehidupan rumah tangga Islam. Dar eksterior biasanya tanpa ornamentasi dan jendela, kecuali bukaan kecil sesekali pada triwulan sekunder, seperti tangga dan area layanan. Tindikan ini memberikan cahaya dan ventilasi. DARS biasanya terdiri dari tebal, tembok-tembok tinggi yang melindungi penduduk dari pencurian, hewan, dan bahaya lain seperti, namun mereka memiliki nilai yang jauh lebih simbolis dari perspektif bahasa Arab. Dalam budaya ini eksterior merupakan tempat kerja, sedangkan bagian dalamnya merupakan tempat pengungsian. Dengan demikian, Maroko interior seringkali sangat mewah di dekorasi dan kerajinan.
Konsisten dengan arsitektur Islam yang paling, DARS didasarkan sekitar teras terbuka udara kecil, dikelilingi oleh dinding tebal sangat tinggi, untuk memblokir cahaya langsung dan meminimalkan panas. Perantara-melengkung porticos triple menyebabkan biasanya 2-4 kamar yang terletak simetris. Kamar ini harus panjang dan sempit, menciptakan ruang yang sangat vertikal, karena sumber daya daerah dan teknologi konstruksi biasanya hanya memungkinkan untuk balok yang biasanya kurang dari tiga belas kaki.
Setelah memasuki dar, tamu bergerak melalui jalan zig-zag yang menyembunyikan halaman pusat. jalan terbuka untuk sebuah tangga yang menuju ke area resepsi atas disebut dormiria, yang sering merupakan ruangan yang paling mewah di rumah dihiasi dengan tilework hias, dicat mebel, dan tumpukan bantal bordir dan karpet. Lebih keluarga kaya juga memiliki rumah kaca dan dormiria kedua, dapat diakses dari tingkat tangga jalan. perempat Layanan dan tangga selalu di sudut struktur.

Musik
Musik Berber
Ada tiga jenis musik rakyat Berber: desa dan musik ritual, dan musik yang dilakukan oleh musisi profesional.
Desa musik dilakukan secara kolektif untuk menari, termasuk ahidus dan ahouach tarian. Instrumen termasuk seruling dan drum . Tarian ini dimulai dengan membacakan doa. Ritual musik dilakukan pada upacara berkala untuk merayakan pernikahan dan peristiwa kehidupan penting. Ritual musik juga digunakan sebagai perlindungan terhadap roh jahat. Profesional musisi (imdyazn) perjalanan dalam kelompok empat, yang dipimpin oleh seorang penyair (amydaz). amydaz ini melakukan improvisasi puisi, sering disertai dengan drum dan rabab (satu-senar biola ), bersama dengan oughanim bou yang memainkan klarinet ganda dan bertindak sebagai badut untuk grup tersebut.
Para Chleuh Berber telah musisi profesional disebut s rwai yang bermain di ansambel yang terdiri dari kecapi , rababs dan ceracap , dengan sejumlah vokalis. Pemimpin, atau rayes, memimpin koreografi dan musik kelompok. Pertunjukan ini dimulai dengan Astara instrumental pada rabab, yang juga memberikan catatan dari melodi yang mengikuti. Tahap berikutnya adalah amarg, atau puisi dinyanyikan, dan kemudian ammussu, sebuah overture menari, tammust, sebuah lagu energik, aberdag, tari, dan akhirnya cepat tabbayt berirama. Ada beberapa variasi dalam penyajian pesanan, tetapi Astara selalu dimulai, dan tabbayt selalu berakhir. 
Chaabi
Chaabi الشعبي (populer di Englas) adalah musik yang terdiri dari berbagai varietas yang diturunkan dari bentuk-bentuk aneka musik rakyat Maroko. Chaabi awalnya dilakukan di pasar, namun kini ditemukan di setiap perayaan atau pertemuan.
Chaabi lagu biasanya diakhiri dengan leseb, atau bagian berirama cepat disertai dengan syncopated bertepuk tangan .
Bentuk canggih chaabi berkembang di tahun 1970-an bersaing dengan populer Mesir dan Lebanon musik. Chaabi Kelompok-kelompok ini terdiri dari sebuah kecapi dan hadjuj , dengan beberapa bentuk drum. Akhirnya, instrumen baru seperti buzuks dan gitar listrik yang ditambahkan. Tiga kelompok awal yang paling penting adalah Lemchaheb , Nass El Ghiwane dan Jil Jilala . Ketiga band menampilkan lirik politis yang mendapat penulis lagu bermasalah dengan pemerintah.
Tahun 1980-an melihat gelombang baru band-band seperti modernisasi Muluk El Hwa dan Nass El Hal .
Gnawa
Gnawa musik dianggap sebagai mistik musik. Ini secara bertahap dibawa ke Maroko oleh Sub-Sahara Afrika dan kemudian menjadi bagian dari tradisi Maroko. Ritual dari Gnawa (atau gnaoua) mengikuti aturan, yang merupakan bagian dari muslim sufi tradisi dan sebagian dari Afrika animistik asal mirip dengan tradisi yang ditemukan dalam african diaspora, Brasil , Kuba , Haiti dan sebagainya. Pusat ritual adalah "leelah" apa yang disebut (malam), juga disebut "derdeba", malam trans . Berikut tujuh roh yang ditimbulkan melalui sekitar 100 nyanyian. Terutama di bulan Muslim Sha'aban , yang hanya sebelum Ramadhan , ada "leelahs" yang diselenggarakan di komunitas Gnawa.
Malhun
Milhûn adalah bentuk puisi dinyanyikan banyak yang menggunakan modus yang sama dan instrumen sebagai al-Ala. Sebuah suite milhûn terdiri dari dua bagian, yaitu pembukaan taqsim dimainkan pada oud atau biola dalam irama bebas untuk memperkenalkan mode untuk sisa potongan, diikuti oleh qassida, atau puisi yang dinyanyikan sendiri terbagi menjadi tiga bagian. Ini adalah solo ayat-ayat (al-aqsâm), hentikan paduan suara (al-harba) dan crescendoing chorus yang melengkapi suite (al-dîdka).
Lamdaghri Thami mungkin yang dikenal milhûn komposer terbaik, yang dikenal untuk lagu-lagu seperti "Al-Gnawi" dan "Aliq Al-Masrûh".
orkestra Milhûn termasuk oud, kamenjah, Darbuka , handqa (kecil cymbal ), hadjouj (a kecapi bass) dan swisen (a-kecapi bernada tinggi).
Rai
Rai lebih erat terkait dengan Aljazair dalam kancah musik internasional, namun Maroko telah menghasilkan bintang sendiri seperti Cheb Mimoun dan Hanino . Terutama di bagian timur wilayah Maroko Oujda dan Berkane Rai-gaya yang telah memperoleh banyak popularitas di awal awal 90-an. Dua kota besar di sebelah timur Maroko, Berkane dan Oujda telah menjadi pusat dari Rai dihidupkan kembali gaya-baru di Maroko. Kehadiran besar orang Aljazair yang lahir di Timur adalah faktor utama dari popularitas.
Musik Sufi
persaudaraan sufi (tarikas) yang umum di Maroko, dan musik merupakan bagian integral dari tradisi spiritual mereka. Musik ini merupakan upaya untuk mencapai sebuah negara trans yang mengilhami ekstasi mistik . Saudara-saudara berpegangan tangan dalam lingkaran dan nyanyian atau tari. musik sufi biasanya tanpa irama.
Marrakech dan daerah lain di Maroko selatan adalah rumah dari Persaudaraan Gnawa , yang mengklaim keturunan dari Ethiopia muadzin Sidi Bilal. Gnaoua upacara (derdeba) digunakan untuk melindungi terhadap penyakit mental , kalajengking sengatan dan roh jahat. Derdeba mungkin berhubungan dengan -Sahara Afrika Sub upacara dan menggunakan kecapi berleher panjang asal Afrika disebut guembri , serta alat musik disebut qaraqab .
Para Jilala lain adalah persaudaraan, dikenal karena hipnosis dan dunia lain musik mereka. Mereka adalah penggemar dari Moulay Abdelkader Jilali . Instrumen termasuk bendir ( frame drum ) dan qsbah ( seruling ).
persaudaraan lainnya termasuk Hamadcha (didirikan oleh Sidi Ali ben Hamdouch), Aissaoua (didirikan oleh Sidi Mohamed ben Aissa, Derkaoua, Haddaoua, Cherkaoua, Dar Damana (orang-orang kudus sufi Ouezzane). Sebuah dikenal lokal kultus-baik adalah di desa Jajouka di yang Srif Pegunungan, rumah Ahl kelompok musik, Master Musisi dari Jajouka umum ini. kultus berkembang di dekat tempat kudus orang suci setempat. Jajouka musisi memainkan musik penyembuhan dikatakan ditulis oleh santo pelindung abad kesembilan mereka Sidi Achmed Schiech . Mereka juga melakukan ritual yang disebut Boujeloud yang disamakan dengan menyembah Tuhan Pan .

Sumber:

NAMA             : MAYLANI LESTARI
NPM                : 14110302
KELAS            : 1KA04

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar